Ready All New Fortuner 2016 DISKON

Selasa, 26 April 2016

Tips Memeriksa Dinamo Ampere (Alternator) Mobil Toyota Toyota Surabaya Auto 2000 Jeffi Setiawan 082244562000

Spare Part Toyota - Alternator atau bisa disebut dengan dinamo ampere merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting karena tanpa komponen ini, perputaran arus listrik atau stroom tidak akan pernah ada di dalam bagian mobil.

Alternator sendiri memiliki fungsi untuk memberikan asupan listrik ke aki dan panel-panel lainnya seperti lampu dan lain sebagainya. Akan tetapi, secara tidak sadar alternator atau dinamo ampere mobil sudah tidak layak pakai karena beberapa komponen di dalam alternator tersebut telah aus. Hal inilah yang membuat alternator mobil jadi kurang bekerja secara maksimal saat mengisi stroom ke komponen aki dan kemudian menyebabkan mobil jadi tekor atau bahkan susah di starter. Disini akan dibahas mengenai cara melakukan pengecekan jika alternator mobil yang sudah usang atau harus diganti. Simak tips nya berikut ini.

Langkah yang pertama adalah menyiapkan alat sejenis metal, bisa menggunakan kunci yang panjang atau obeng yang panjang dan bisa juga pisau serta alat metal lainnya. Kemudian, cobalah menstarter mobil seperti biasanya, setelah mobil menyala cobalah menempelkan alat metal tersebut pada bagian mesin tepatnya pada ujung putaran dinamo ampere atau alternator mobil. Bila alat metal tersebut menempel seperti magnet pada alternator, bisa dipastikan jika tidak ada masalah pada bagian tersebut.

Namun sebaliknya, jika metal tersebut tidak menempel maka mobil harus segera di bawa ke bengkel untuk diservis bagian alternator nya. Metal yang tidak menempel menandakan jika alternator kurang bekerja dengan maksimal dan ada beberapa komponen yang rusak di dalamnya. Cara pengecekan berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa bagian kabel masa yang mengarah ke kepala aki mobil. Cobalah menghidupkan mesin mobil dan lepas baut kabel masa yang ada di kepala aki dan gesekkan kabel masa ke kepala aki yang berfungsi sebagai min (-). Jika terjadi percikan api pada kabel masa yang ditempelkan ke kepala aki berarti alternator kamu berfungsi dengan baik. Sebaliknya, jika tidak ada api yang muncul saat kabel masa di gesekkan berarti pengisian listrik pada alternator kamu kurang bekerja dengan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Translate Language

Kontak Formulir PERTANYAAN KONSUMEN

Nama

Email *

Pesan *

News Update

Blog Archive

Toyota Support
Toyota Support
Toyota Support